KEMENANGAN HEBAT JOE BIDEN MENJADI THE NEXT PRESIDENT OF USA

Akhirnya biden dan haris bisa bernafas dengan lega karena kemanangan kedua nya menjadi presiden dan wakil presiden terpilih AS. Kedua nya terpilih saat memenangkan 264 suara elektoral dan membutuhkan lagi sedikit nya 6 suara lagi. Amerika serikat di pastikan akan memiliki presiden baru, warga amerika serikat pun menggantungkan harapan besar pada joe biden untuk menyatukan kembali bangsa yang terpecah saat pilpres berlangsung. Joseph Robinette Biden Jr. atau kita semua kenal dengan joe biden di pastikan ada menduduki gedung putih atau white house di washington dc amerika serikat setelah mengungguli pesaingnya calon presiden pertahanan donald trump pada pemilihan umum presiden amerika serikat pada tahun 2020. Dengan 290 suara elektoral yang di raih joe biden dan meraih juga 50,6% suara dan 75.196.516 jumlah suara , donald trump di pastikan tidak akan bisa menyusul raihan suara elektoral joe biden , sejauh ini donald trump mengantongi 214 suara elektoral, 47,7% suara dan 70.803.881 jumlah suara .

Mengklaim menang absolut, joe biden mengutarakan pidato kemenangan nya di san fransisco, CA untuk mnyapa ribuan pendukung nya juga.

“Rakyat amerika serikat sudah memberikan suara mereka. Mereka telah memberikan kemenangan yang meyakinkan, Sebuah skemenangan untuk kita rakyat amerika serikat. Kita telah menang dengan suara terbanyak sepanjang sejarah pilpres di negara kita, yaitu 74 juta suara” ujar joe biden

Donald trump sendiri hingga kini belum berkomentar langsung tentang hasil suara elektoral pada pemilihan umum presiden amerika serikat , namun pertahanan dari partai republik itu sempat menyebut ada nya kecurangan. Trump sempat mengklaim kemenangan di pilpres amerika serikat lewat cuitan di akun twitter nya “i won this election, by a lot” dan juga “71.000.000 legal votes. The most ever for a sitting president !”

Pendukung presiden terpilih joe biden di new york merayakan kemenangan joe biden dengan berkumpul bersama , mereka berharap pemerintahan yang akan datang bisa kembali menyatukan warga raktyat amerika serikat yang sepmat terpecah akibat pemilihan presiden amerika serikat dan juga lebih memperhatikan hak warga minoritas di amerik serikat .

Di indonesia, presiden joko widodo mengucapkan selamat kepada joe biden melalui akun instagram nya , dalam ucapan selamat nya joko widodo menyebut jika terpilih nya joe biden dan kamala haris di pemilihan prsiden amerika serikat merupakan sejarah, ” hasil yang sangat besar menjadi referensi dalam harapan demokrasi , kami menantikan utuk bekerja sama dengan anda untuk memperkuat kemitraan strategis indonesia dengan amerika serikat , serta mendorong kerja sama di bidang ekonomi, demokrasi, dan multilateralisme untuk kepentingan kedua bangsa” ujar presiden indonesia, joko widodo.

Kemenangan joe biden di amerika serikat membuat nya menjadi presiden terpilih tertua di amerika serikat dengan usia 77 tahun sementara wakil joe biden, kamala haris akan mengukir sejarah sebagai wakil presiden wanita kulit hitam pertama. Kedua nya akan di lantik pada 20 januari 2021 .

Kamala haris berujar “we did it joe” pada saat menelfon joe biden. Kedua nya merasa senang sekali karena telah memenagkan pemilihan presiden 2020. Sebelum menjadi wakil presiden terpilih, kamala haris merupakan seorang pengacara dan politikus amerika serikat sebagai senator junior amerika serikat. Sementara biden merupakan seorang wakil presiden amerika serikat ke 47 dari tahun 2009 sampai dengan 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *